Pesan di Header

SELAMAT DATANG DI BLOG MGMP IPA GUGUS 8 KABUPATEN BANDUNG

Pesan Di Tab

Jumat, 01 Maret 2013

ALAT PERAGA RESONANSI

Oleh: Asep Solahuddin, S.Pd.

Standar Kompetensi :      6.   Memahami konsep dan penrapan getaran, gelombang, dan 
                                                 optic dalam teknologi sehari-hari
Kompetensi Dasar      :     6.2 Mendeskripsikan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari.

A.  Latar Belakang
    Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dewasa ini diharapkan dapat lebih menitikberatkan pada kegiatan siswa di kelas sebagai pengalaman belajar siswa dan dengan ini diharapkan dapat lebih membantu siswa untuk lebih mudah memahami konsep yang dipelajarainya. Sebagaimana tertuang dalam standar proses dari 8 standar pendidikan nasional, diantaranya guru harus mampu melaksanakan kegitan belajar mengajar ini dengan memanfaatkan alam takambang. Sehingga diharapkan siswa akan lebih memahami pemanfaatan konsep yang dipelajarinya dalam kehidupan sehari-hari dan supaya lebih memudahkan ketika membutuhkan peragaan untuk penguatan sebuah konsep.


Disamping hal terebut di atas, ketersediaan alat peraga yang terdapat di lamoratorium IPA masih terbatas mengakibatkan ada beberapa konsep yang membutuhkan komponen alam untuk dapat dijadikan sebagai gambaran atau peragaan dalam penguatan konsep.
Berdasarkan hal inilah, saya membuat alat peraga resonansi sebagai upaya khususnya dalam menyampaikan konsep tentang penerapan getaran, gelombang, dan optic dalam teknologi sehari-hari.

B.  Tujuan Pembuatan Alat
    Alat Peraga ini dijadikan sebagai media pembelajaran, bertujuan untuk memudahkan siswa memahami bagaimana proses resonansi pada sebuah gelombang suara terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

C.  ALAT DAN BAHAN
1.   Bola Pimpong 4 buah
2.   Pipa paralon panjang 25 cm, ø ¾ inch
3.   Benang kasur 1,5 m
4.   Jarum pentul
5.   Statif
6.   Air

D.  Cara Membuat
1.   Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.
2.   Lubangi masing-masing bola pimpong dengan jarum pentul
3.  Setelah masing-masing bola dilubangi, masukkan air ke dalamnya sebanyak stengah bagian.
4.   Pasangkan tali pada masing-masing bola pimpong dengan cara menancapkannya pada lubang bola
      Atur kepanjangan tali maing-masing sebagai berikut:
      a. Bola A panjang talinya 1/2 panjang tali bola C
      b. Bola B panjang talinya 3/4 panjang tali bola C
      c. Bola D panjang talinya sama dengan panjang tali bola B
5.   Gantungkan semua bola pada paralon ø ¾ inch secara berderet dan berurutan dari A – D.
6. Ikatlah talinya pada paralon tersebut dengan memperhatikan panjang tali yang mengantung bola seseuai dengan petunjuk pada poin 4.
E. Cara Kerja
1.   Tempatkan Paralon yang mengantung 4 buah bola pimpong pada Statif.
2.   Mula-mula semua bola tergantung dalam keadaan diam
3.   Tarik salah satu bola misalnya bola B, kemudian lepas biarkan berayun.
4.  Perhatikan dan amati apa yang terjadi pada bola yang lainnya. Apakah ikut berayun pua? Adakah kesamaan frekuensi pada semua bola? Manakah diantara bola-bola terebut yang frekuensi ayunannya sama?
5.  Dari hasil pengamatan diperoleh bahwa bola B dan bola D berayun bersamaan dengan frekuensi yang sama. Hal ini menunjukkan bahwa bola D ikut berayun akibat bola B berayun karena frekuensinya sama. Ini disebut RESONANSI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar