Oleh: Asep Solahuddin, S.Pd.
Standar Kompetensi : 6. Memahami
konsep dan penrapan getaran, gelombang, dan
optic dalam teknologi sehari-hari
optic dalam teknologi sehari-hari
Kompetensi Dasar
: 6.2 Mendeskripsikan konsep bunyi dalam kehidupan
sehari-hari.
A. Latar Belakang
Kegiatan Belajar
Mengajar (KBM) dewasa ini diharapkan dapat lebih menitikberatkan pada kegiatan
siswa di kelas sebagai pengalaman belajar siswa dan dengan ini diharapkan dapat
lebih membantu siswa untuk lebih mudah memahami konsep yang dipelajarainya.
Sebagaimana tertuang dalam standar proses dari 8 standar pendidikan nasional,
diantaranya guru harus mampu melaksanakan kegitan belajar mengajar ini dengan
memanfaatkan alam takambang. Sehingga diharapkan siswa akan lebih memahami
pemanfaatan konsep yang dipelajarinya dalam kehidupan sehari-hari dan supaya
lebih memudahkan ketika membutuhkan peragaan untuk penguatan sebuah konsep.
Disamping hal
terebut di atas, ketersediaan alat peraga yang terdapat di lamoratorium IPA
masih terbatas mengakibatkan ada beberapa konsep yang membutuhkan komponen alam
untuk dapat dijadikan sebagai gambaran atau peragaan dalam penguatan konsep.
Berdasarkan hal
inilah, saya membuat alat peraga resonansi sebagai upaya khususnya dalam
menyampaikan konsep tentang penerapan getaran, gelombang, dan optic dalam
teknologi sehari-hari.
B. Tujuan Pembuatan Alat
Alat
Peraga ini dijadikan sebagai media pembelajaran, bertujuan untuk memudahkan
siswa memahami bagaimana proses resonansi pada sebuah gelombang suara terjadi
dalam kehidupan sehari-hari.
C. ALAT DAN BAHAN
1. Bola
Pimpong 4 buah
2. Pipa
paralon panjang 25 cm, ø ¾ inch
3. Benang
kasur 1,5 m
4. Jarum
pentul
5. Statif
6. Air
D. Cara Membuat
1. Siapkan
alat dan bahan yang dibutuhkan.
2. Lubangi
masing-masing bola pimpong dengan jarum pentul
3. Setelah
masing-masing bola dilubangi, masukkan air ke dalamnya sebanyak stengah bagian.
4. Pasangkan tali pada
masing-masing bola pimpong dengan cara menancapkannya pada lubang bola
Atur kepanjangan tali maing-masing sebagai
berikut:
a. Bola A panjang talinya
1/2 panjang tali bola C
b. Bola B panjang talinya 3/4
panjang tali bola C
c. Bola D panjang talinya
sama dengan panjang tali bola B
5. Gantungkan semua bola pada
paralon ø ¾ inch secara berderet dan berurutan dari A – D.
6. Ikatlah talinya pada paralon
tersebut dengan memperhatikan panjang tali yang mengantung bola seseuai dengan
petunjuk pada poin 4.
E. Cara Kerja
1. Tempatkan Paralon yang
mengantung 4 buah bola pimpong pada Statif.
2. Mula-mula semua bola
tergantung dalam keadaan diam
3. Tarik salah satu bola
misalnya bola B, kemudian lepas biarkan berayun.
4. Perhatikan dan amati apa yang
terjadi pada bola yang lainnya. Apakah ikut berayun pua? Adakah kesamaan
frekuensi pada semua bola? Manakah diantara bola-bola terebut yang frekuensi
ayunannya sama?
5. Dari
hasil pengamatan diperoleh bahwa bola B dan bola D berayun bersamaan dengan
frekuensi yang sama. Hal ini menunjukkan bahwa bola D ikut berayun akibat bola
B berayun karena frekuensinya sama. Ini disebut RESONANSI.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar