1. KOMPETENSI PEDAGOGIS
1.1. Mengenal
Karakteristik Peserta didik
INDIKATOR
|
SKOR
|
||
1. Guru dapat mengidentifikasi
karakteristik belajar setiap peserta didik di kelasnya
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru memastikan bahwa semua
pesertadidik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi aktif
dalam kegiatan pembelajaran
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru dapat mengatur kelas untuk
memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua pesertadidik dengan
kelainan fisik dan kemampuan belajar yang berbeda
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru mencoba mengetahui
penyebab penyimpangan perilaku pesertadidik untuk mencegah agar perilaku
tersebut tidak merugikan pesertadidik lainnya
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru mengembangkan potensi dan
mengatasi kekurangan pesertadidik
|
0
|
1
|
2
|
6. Guru memperhatikan pesertadidik
dengan kelemahan fisik tertentu agar dapat mengikuti aktivitas pembelajaran,
sehingga pesertadidik tersebut tidak termarginalkan (tersisihkan,
diolok-olok, minder, dsb)
|
0
|
1
|
2
|
TOTAL SKOR YANG DIPEROLEH
|
7
|
||
SKOR MAKSIMUM KOMPETENSI
|
12
|
||
PROSENTASE SKOR KOMPETENSI
|
7/12X100%=58,33%
|
||
KONVERSI NILAI KOMPETENSI
|
3
|
Tabel 9. Konversi skor ke nilai kompetensi
Rentang Total Skor “X” Nilai Kompetensi
0% < X ≤ 25% 1
25% < X ≤ 50% 2
50% < X ≤ 75% 3
75% < X ≤ 100% 4
1.2. Menguasai teori belajar dan
prinsip‐prinsip pembelajaran yang mendidik
INDIKATOR
|
SKOR
|
||
1. Guru memberi kesempatan
kepada peserta didik
untuk menguasai materi
pembelajaran sesuai usia dan kemampuan belajarnya melalui pengaturan proses
pembelajaran dan aktivitas yang bervariasi
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru selalu memastikan tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi
pembelajaran tertentu dan menyesuaikan aktivitas pembelajaran berikutnya berdasarkan tingkat
pemahaman tersebut
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru dapat menjelaskan
alasan pelaksanaan kegiatan /aktivitas yang
dilakukannya, baik yang
sesuai maupun yang
berbeda dengan rencana, terkait keberhasilan pembelajaran
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru menggunakan berbagai teknik untuk memotiviasi kemauan belajar
Peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang saling
terkait satu sama lain, dengan memperhatikan tujuan pembelajaran maupun proses belajar peserta
didik
|
0
|
1
|
2
|
6. Guru memperhatikan
respon pesertadidik yang belum/kurang memahami materi pembelajaran yang
diajarkan dan mengguna-kannya
untuk memperbaiki rancangan pembelajaran berikutnya
|
0
|
1
|
2
|
TOTAL SKOR YANG DIPEROLEH
|
|||
SKOR MAKSIMUM KOMPETENSI
|
|||
PROSENTASE SKOR KOMPETENSI
|
|||
KONVERSI NILAI KOMPETENSI
|
1.3. Pengembangan kurikulum
INDIKATOR
|
SKOR
|
||
1. Guru dapat menyusun silabus yang sesuai dengan
kurikulum
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru merancang rencana
pembelajaran yang sesuai
dengan silabus untuk
membahas materi ajar tertentu agar peserta
didik dapat mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru mengikuti urutan materi pembelajaran dengan
memperhatikan tujuan pembelajaran
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru memilih materi pembelajaran yang: a) sesuai dengan tujuan
Pembelajaran, b) tepat dan mutakhir,
c) sesuai dengan
usia dan tingkat
kemampuan belajar peserta
didik, d) dapat dilaksanakan di kelas dan e) sesuai
dengan konteks kehidupan sehari‐hari peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
TOTAL SKOR YANG DIPEROLEH
|
|||
SKOR MAKSIMUM KOMPETENSI
|
|||
PROSENTASE SKOR KOMPETENSI
|
|||
KONVERSI NILAI KOMPETENSI
|
1.4. Kegiatan Pembelajaran yang
Mendidik
INDIKATOR
|
SKOR
|
||
1. Guru melaksanakan aktivitas
pembelajaran sesuai dengan
rancangan yang telah
disusun secara lengkap
dan pelaksanaan aktivitas tersebut
mengindikasikan bahwa guru mengerti tentang tujuannya
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru melaksanakan aktivitas
pembelajaran yang bertujuan
untuk membantu proses
belajar peserta didik,
bukan untuk menguji sehingga membuat
peserta didik merasa tertekan
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru mengkomunikasikan informasi
baru (misalnya materi
tambahan) sesuai dengan
usia dan tingkat
kemampuan belajar peserta
didik.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru menyikapi kesalahan
yang dilakukan peserta
didik sebagai tahapan
proses pembelajaran, bukan
semata‐mata kesalahan yang harus
dikoreksi. Misalnya: dengan
mengetahui terlebih dahulu
peserta didik lain
yang setuju / tidak setuju dengan jawaban tersebut, sebelum
memberikan penjelasan tentang jawaban yg benar.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai isi kurikulum dan mengkaitkannya dengan konteks kehidupan
sehari‐hari peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
6. Guru melakukan aktivitas
pembelajaran secara bervariasi
dengan waktu yang
cukup untuk kegiatan
pembelajaran yang sesuai dengan
usia dan tingkat kemampuan belajar dan mempertahankan perhatian peserta
didik.
|
0
|
1
|
2
|
7. Guru mengelola kelas
dengan efektif tanpa mendominasi
atau sibuk dengan
kegiatannya sendiri agar
semua waktu peserta dapat termanfaatkan secara produktif
|
0
|
1
|
2
|
8. Guru mampu menyesuaikan aktivitas pembelajaran
yang dirancang dengan kondisi kelas
|
0
|
1
|
2
|
9. Guru banyak memberikan kesempatan kepada pesertadidik
untuk bertanya,mempraktekkan, dan berinteraksi dengan pesertadidik lainnya.
|
0
|
1
|
2
|
10. Guru mengatur
pelaksanaan aktivitas pembelajaran secara sistematis untuk membantu proses
belajar peserta didik. Sebagai contoh: guru menambah informasi baru setelah
mengevaluasi pemahaman peserta didik terhadap materi sebelumnya.
|
0
|
1
|
2
|
11. Guru
menggunakan alat bantu mengajar, dan/atau audio‐visual (termasuk TIK) untuk
meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mencapai tujuan
pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
TOTAL SKOR YANG DIPEROLEH
|
|||
SKOR MAKSIMUM KOMPETENSI
|
|||
PROSENTASE SKOR KOMPETENSI
|
|||
KONVERSI NILAI KOMPETENSI
|
1.5. Memahami dan mengembangkan
potensi
INDIKATOR
|
SKOR
|
||
1. Guru menganalisis hasil belajar berdasarkan segala bentuk penilaian
terhadap setiap peserta didik untuk mengetahui tingkat kemajuan
masing‐masing.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran yang mendorong
peserta didik untuk belajar sesuai dengan kecakapan dan pola belajar masing‐masing
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru merancang dan
melaksanakan aktivitas pembelajaran untuk
memunculkan daya kreativitas
dan kemampuan
berfikir kritis peserta didik
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru secara aktif
membantu peserta didik
dalam proses pembelajaran dengan
memberikan perhatian kepada setiap individu
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru dapat mengidentifikasi dengan
benar tentang bakat,
minat, potensi, dan
kesulitan belajar masing‐masing peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
6. Guru memberikan kesempatan
belajar kepada peserta
didik sesuai dengan
cara belajarnya masing‐masing.
|
0
|
1
|
2
|
7. Guru memusatkan perhatian pada interaksi dengan
pesertadidik dan mendorongnya untuk memahami dan menggunakan informasi yang
disampaikan
|
0
|
1
|
2
|
TOTAL SKOR YANG DIPEROLEH
|
|||
SKOR MAKSIMUM KOMPETENSI
|
|||
PROSENTASE SKOR KOMPETENSI
|
|||
KONVERSI NILAI KOMPETENSI
|
1.6. Komunikasi
dengan Peserta Didik
INDIKATOR
|
SKOR
|
||
1. Guru menggunakan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman dan menjaga
partisipasi peserta didik, termasuk memberikan pertanyaan terbuka yang
menuntut peserta didik untuk menjawab dengan ide dan pengetahuan mereka.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru memberikan perhatian dan mendengarkan semua pertanyaan dan tanggapan
peserta didik, tanpa menginterupsi, kecuali jika diperlukan untuk membantu
atau mengklarifikasi pertanyaan/tanggapan tersebut
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru menanggapi pertanyaan peserta
didik secara tepat, benar, dan mutakhir, sesuai tujuan pembelajaran dan isi kurikulum, tanpa
mempermalukannya
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru menyajikan kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerja sama yang baik
antarpeserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru mendengarkan dan memberikan perhatian trhadap semua jawaban peserta didik baik yang benar maupun yang dianggap salah untuk mengukur tingkat
pemahaman peserta didik
|
0
|
1
|
2
|
6. Guru memberikan perhatian terhadap pertanyaan
pesertadidik dan meresponnya secara lengkap dan relevan untuk menghilangkan
kebingungan pada pesertadidik
|
0
|
1
|
2
|
TOTAL SKOR YANG DIPEROLEH
|
|||
SKOR MAKSIMUM KOMPETENSI
|
|||
PROSENTASE SKOR KOMPETENSI
|
|||
KONVERSI NILAI KOMPETENSI
|
1.7. Penilaian dan Evaluasi
INDIKATOR
|
SKOR
|
||
1. Guru menyusun alat
penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran untuk mencapai kompetensi
tertentu seperti yang tertulis dalam RPP.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru melaksanakan
penilaian dengan berbagai teknik dan jenis penilaian, selain penilaian formal
yang dilaksanakan sekolah, dan mengumumkan hasil serta implikasinya kepada
peserta didik, tentang tingkat pemahaman terhadap materi pembelajaran yang
telah dan akan dipelajari.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru menganalisis hasil
penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang sulit sehingga
diketahui kekuatan dan kelemahan masing‐masing peserta didik untuk keperluan
remedial dan pengayaan.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru memanfaatkan
masukan dari peserta didik dan merefleksikannya untuk meningkatkan
pembelajaran selanjutnya, dan dapat membuktikannya melalui catatan, jurnal
pembelajaran, rancangan pembelajaran, materi tambahan, dan sebagainya
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru memanfatkan hasil
penilaian sebagai bahan penyusunan rancangan pembelajaran yang akandilakukan
selanjutnya
|
0
|
1
|
2
|
TOTAL SKOR YANG DIPEROLEH
|
|||
SKOR MAKSIMUM KOMPETENSI
|
|||
PROSENTASE SKOR KOMPETENSI
|
|||
KONVERSI NILAI KOMPETENSI
|
2. KOMPETENSI KEPRIBADIAN
2.1. Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum,
sosial dan kebudayaan
nasional Indonesia
INDIKATOR
|
SKOR
|
||
1. Guru menghargai dan
mempromosikan prinsip‐prinsip Pancasila sebagai dasar ideologi dan etika bagi
semua warga Indonesia
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru mengembangkan
kerjasama dan membina kebersamaan dengan teman sejawat tanpa memperhatikan
perbedaan yang ada (misalnya: suku, agama, dan gender)..
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru saling menghormati
dan menghargai teman sejawat sesuai dengan kondisi dan keberadaan
masing‐masing.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru memiliki rasa
persatuan dan kesatuan sebagai bangsa Indonesia
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru mempunyai
pandangan yang luas tentang keberagaman bangsa Indonesia (misalnya:
budaya,suku, agama).
|
0
|
1
|
2
|
TOTAL SKOR YANG DIPEROLEH
|
|||
SKOR MAKSIMUM KOMPETENSI
|
|||
PROSENTASE SKOR KOMPETENSI
|
|||
KONVERSI NILAI KOMPETENSI
|
2.2. Menunjukkan
pribadi yang dewasa dan teladan
INDIKATOR
|
SKOR
|
||
1. Guru bertingkah laku
sopan dalam berbicara, berpenampilan, dan berbuat terhadap semua peserta
didik, orang tua, dan teman sejawat
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru mau membagi
pengalamannya dengan kolega, termasuk mengundang mereka untuk mengobservasi
cara mengajarnya dan memberikan masukan
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru mampu mengelola
pembelajaran yang membuktikan bahwa guru dihormati oleh peserta
didik,sehingga semua peserta didik selalu
memperhatikan guru dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru bersikap dewasa
dalam menerima masukan dari peserta didik dan memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru berperilaku baik
untuk mencitrakan nama baik sekolah
|
0
|
1
|
2
|
TOTAL SKOR YANG DIPEROLEH
|
|||
SKOR MAKSIMUM KOMPETENSI
|
|||
PROSENTASE SKOR KOMPETENSI
|
|||
KONVERSI NILAI KOMPETENSI
|
2.3. Etos
kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru
INDIKATOR
|
SKOR
|
||
1. Guru mengawali dan
mengakhiri pembelajaran dengan tepat waktu.
|
0
|
1
|
2
|
2. Jika guru harus
meninggalkan kelas, guru mengaktifkan siswa dengan melakukan hal‐hal
produktif terkait dengan mata pelajaran, dan meminta guru piket atau guru
lain untuk mengawasi kelas.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru memenuhi jam
mengajar dan dapat melakukan semua kegiatan lain di luar jam mengajar
berdasarkan ijin dan persetujuan pengelola sekolah.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru meminta ijin dan
memberitahu lebih awal, dengan memberikan alasan dan bukti yang sah jika
tidak menghadiri kegiatan yang telah direncanakan, termasuk proses pembelajaran
di kela
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru menyelesaikan
semua tugas administratif dan non-pembelajaran dengan tepat waktu sesuai
standar yang dttapkan
|
0
|
1
|
2
|
6. Guru memanfaatkan waktu luang selain
mengajar untuk kegiatan yang produktif terkait dengan tugasnya.
|
0
|
1
|
2
|
7. Guru
memberikan kontribusi terhadap pengembangan sekolah dan mempunyai prestasi yang berdampak positif
terhadap nama baik sekolah.
|
0
|
1
|
2
|
8. Guru
merasa bangga dengan profesinya sebagai guru.
|
0
|
1
|
2
|
TOTAL SKOR YANG DIPEROLEH
|
|||
SKOR MAKSIMUM KOMPETENSI
|
|||
PROSENTASE SKOR KOMPETENSI
|
|||
KONVERSI NILAI KOMPETENSI
|
3.
KOMPETENSI SOSIAL
3.1. Bersikap
inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif.
INDIKATOR
|
SKOR
|
||
1. Guru memperlakukan
semua peserta didik secara adil, memberikan perhatian dan bantuan sesuai
kebutuhan masing‐masing, tanpa memperdulikan faktor personal..
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru menjaga hubungan
baik dan peduli dengan teman sejawat (bersifat inklusif), serta berkontribusi
positif terhadap semua diskusi formal dan informal terkait dengan pekerjaannya..
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru sering
berinteraksi dengan peserta didik dan tidak membatasi perhatiannya hanya pada
kelompok tertentu (misalnya: peserta didik yang pandai, kaya, berasal dari
daerah yang sama dengan guru.
|
0
|
1
|
2
|
TOTAL SKOR YANG DIPEROLEH
|
|||
SKOR MAKSIMUM KOMPETENSI
|
|||
PROSENTASE SKOR KOMPETENSI
|
|||
KONVERSI NILAI KOMPETENSI
|
guru, tenaga
kependidikan, orang tua
peserta didik, dan masyarakat
INDIKATOR
|
SKOR
|
||
1. Guru menyampaikan
informasi tentang kemajuan, kesulitan, dan potensi peserta didik kepada orang
tuanya, baik dalam pertemuan formal maupun tidak formal antara guru dan orang
tua, teman sejawat,dan dapat menunjukkan buktinya..
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru ikut berperan
aktif dalam kegiatan di luar pembelajaran yang diselenggarakan oleh sekolah
dan masyarakat dan dapat memberikan bukti keikutsertaannya..
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru
memperhatikan sekolah sebagai bagian dari masyarakat, berkomunikasi dengan
masyarakat sekitar, serta berperan dalam kegiatan sosial di masyarakat.
|
0
|
1
|
2
|
TOTAL SKOR YANG DIPEROLEH
|
|||
SKOR MAKSIMUM KOMPETENSI
|
|||
PROSENTASE SKOR KOMPETENSI
|
|||
KONVERSI NILAI KOMPETENSI
|
4. KOMPETENSI PROFESIONAL
4.1.
Penguasaan materi struktur konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata
pelajaran yang diampu
INDIKATOR
|
SKOR
|
||
1. Guru melakukan pemetaan
tandard kompetensi dan kompetensi dasar untuk mata pelajaran yang diampunya,
untuk mengidentifikasi materi pembelajaran yang dianggap sulit, melakukan
perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, dan memperkirakan alokasi waktu
yang diperlukan.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru menyertakan
informasi yang tepat dan mutakhir di dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru menyusun materi,
perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang berisi informasi yang tepat,
mutakhir, dan yang membantu peserta didik untuk memahami konsep materi
pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
TOTAL SKOR YANG DIPEROLEH
|
|||
SKOR MAKSIMUM KOMPETENSI
|
|||
PROSENTASE SKOR KOMPETENSI
|
|||
KONVERSI NILAI KOMPETENSI
|
4.2.
Mengembangkan keprofesian melalui tindakan reflektif
INDIKATOR
|
SKOR
|
||
1. Guru melakukan evaluasi
diri secara spesifik, lengkap, dan didukung dengan contoh pengalaman diri
sendiri
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru memiliki jurnal
pembelajaran, catatan masukan dari teman sejawat atau hasil penilaian proses
pembelajaran sebagai bukti yang menggambarkan kinerjanya.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru memanfaatkan bukti
gambaran kinerjanya untuk mengembangkan perencanaan dan pelaksanaan
pembelajaran selanjutnya dalam program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)..
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru dapat
mengaplikasikan pengalaman PKB dalam perencanaan, pelaksanaan, penilaian
pembelajaran dan tindak lanjutnya
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru melakukan
penelitian, mengembangkan karya inovasi, mengikuti kegiatan ilmiah (misalnya
seminar, konferensi), dan aktif dalam melaksanakan PKB.
|
0
|
1
|
2
|
6. Guru dapat memanfaatkan
TIK dalam berkomunikasi dan pelaksanaan PKB
|
0
|
1
|
2
|
TOTAL SKOR YANG DIPEROLEH
|
|||
SKOR MAKSIMUM KOMPETENSI
|
|||
PROSENTASE SKOR KOMPETENSI
|
|||
KONVERSI NILAI KOMPETENSI
|
REKAPITULASI KOMPETENSI HASIL PENILAIAN KINERJA GURU
NO
|
KOMPETENSI
|
NILAI
|
A. PEDAGOGIS
|
||
1
|
Mengenal
Karakteristik Peserta didik
|
|
2
|
Menguasai teori belajar dan prinsip‐prinsip pembelajaran yang mendidik
|
|
3
|
Pengembangan kurikulum
|
|
4
|
Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik
|
|
5
|
Memahami dan mengembangkan potensi
|
|
6
|
Komunikasi dengan Peserta
Didik
|
|
7
|
Penilaian dan Evaluasi
|
|
B. KEPRIBADIAN
|
||
8
|
Bertindak sesuai
dengan norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional Indonesia
|
|
9
|
Menunjukkan
pribadi yang dewasa dan teladan
|
|
10
|
Etos kerja,
tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru
|
|
C. SOSIAL
|
||
11
|
Bersikap
inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif
|
|
12
|
Komunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua
peserta didik,
dan masyarakat
|
|
D. PROFESIONAL
|
||
13
|
Penguasaan
materi struktur konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran
yang diampu
|
|
14
|
Mengembangkan
keprofesian melalui tindakan reflektif
|
|
JUMLAH
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar